Rabu, 02 September 2020

Merawat Mesin Motor Anda Agar Tetap Awet Dan Prima

Mesin motor dapat awet dan selalu prima tergantung dari perawatan yang di lakukan oleh si pemimiliknya. Mesin merupakan salah satu bagian utama sebuah kendaraan. Tak halnya manusia ciptaan tuhan saja masih bisa rusak apalagi mesin itu ciptaan manusia pasti juga bisa rusak kalau tak jeli dan tau kebutuhan mesin agar mesin dapat bekerja maksimal dan selalu mempunyai performa yang maksimal.


Mesin motor pabrikan di desain secara standar, Berbeda dengan mesin motor balap yang di desain khusu untuk pacuan arena balap. Untuk itu lakukan perawatan mesin standar kesayangan anda sesuai kebutuhan standar pabrikan yang telah di buat. Berikut adalah tips merawat mesin motor anda agar tetap awet dan prima.


Merawat Mesin Motor Anda Agar Tetap Awet Dan Prima

Merawat Mesin Motor Anda Agar Tetap Awet Dan Prima


1. Perawatan Mesin Di Pagi Hari

Di pagi hari, Layaknya manusia perlu di adakan pemanasan dan olahraga. Bedanya kalau manusia di panaskan keluar keringat kalau mesin keluar asap 😀 . Di pagi hari pada saat memanaskan mesin motor anda lebih baik waktu menghidupkan mesin menggunakan kickstarter. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dari kikcstarter itu sendiri terutama motor yang masih dalam keadaan baru.


Baca Juga : Ingin Kredit Mobil Baru, Pilih Bank Atau Leasing?


Dan pada saat akan menghudupkan mesin jangan langsung di kondisikan sekali kick langsung hidup. Usahakan stop kontak dalam keadaan off dengan tujua oli terlebih dahulu terpompa naik membasahi seluruh komponen mesin motor anda dan juga bahan bakar menyebar di ruang bakar. Lakukan kurang lebih kick sebanyak 3-4 kali putaran untuk memastikan oli benar benar naik, setelah itu mesin dapat di hudupkan langusung.


2. Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Berikan perhatian khusu bahan bakan mesin motor anda terutama motor yang masih baru. Potensi bahan bakar yang kurang jerni juga dapat memicu motor menjadi ngadat alias mogok dan juga dapat berakibat kerusakan pada mesin.


Gunakan bahan bakar mesin motor anda sesuai kebutuhan mesin anda. Jika motor anda di desain standar pabrikan menggunakan bensin maka gunakan bensin untuk bahan bakarnya. Jika motor anda di desain menggunakan bahan bakar pertamax maka pergunakankanlah pertamax untuk bahan bakarnya agar kinerja mesin tetap maksimal dan prima.


Selain itu, usahakan dalam membeli di kios BBM di tempat yang resmi dan terpercaya. agar kemurnian BBM untuk motor anda tetap terjaga kualitasnya sehingga mesin motor anda dapat awet sepanjang masa.


3. Untuk Motor Baru Manfaatkan Service Gratis Dari Dealer Motor Anda

Dealer resmi motor anda biasanya memberikan service gratis pada motor baru anda. Biasanya service pertama akan di berikan ketika mesin sudah memnempuh perjalanan sejauh 500 KM, Dan service yang ke dua mencapai angka 1000 KM, Nah untuk service gratis yang terakhir biasanya mencapai angka ke 2000 KM. Service ini bukan semata-mata hanya iming-iming bonus saja, service ini punya tujuan tertentu untuk mesin motor baru anda.


Meskipun dari dealer motor baru dan pabrikan belum tentu sempurna dalam merakit. Jika anda melakukan sevice sendiri tak datang ke dealer resmi motor baru anda otomatis anda akan rugi. Dalam perakitan mesin juga di lakukan oleh manusia, ya meskipun yang ngerakit tenaga ahli dibidangnya tetap kembali lagi kodratnya manusia tak luput dari salah dan dosa 😀 .

 

Untuk itu jangan sia-siakan service gratis pertama anda 500 KM karena di situ langkah awal anda untuk tau permforma mesin motor baru anda. Karena service pertama anda juga akan menentukan mesin motor menggunakan oli standar jenis apa untuk kebutuhan mesin kedepanya.


4. Ganti Oli Secara Berkala

Untuk langkah awal memang ganti oli masih di lakukan pada saat sevice yang di berikan oleh dealer resmi motor anda. Akan tetapi kelanjutanya harus anda yang memperhatikan jenis oli apa dan berapa kekentalan oli mson yang di butuhkan mesin motor anda. Umumnya oli yang di jual di toko terdekat anda juga sudah memenuhi standart kekentalan yang di butuhkan mesin yaitu SAE 40.


Jika anda merasa tak yakin lebih baik dalam mengganti oli datanglah kedealer anda kembali untuk melakukan ganti oli. Tapi sekarang tak gratis lagi tentunya. Supaya oli mesin di sesuaikan dengan kebutuhan model mesin motor baru anda.


5. Rutin Melakukan Tune Up

Rutin tune up juga merupakan hal yang perlu diperhatikan karena tune up juga salah satu faktor penting dalam merawat mesin motor anda lebih bekerja maksimal dan prima. Tune up biasanya dilakukan di bagian pentingya pada komponen busi, karburator dan filter udara.


Komponen ini merupakan komponen yang cenderung mengalami kerusakan dan diperlukan kecepatan dalam menangani hal ini. Memang ini merupakan hal spele tapi ini tak bisa di spelekan jika mesin motor anda ingin awet dan performanya tetap maksimal.


6. Rutin Cek Pada Bagian Pengapian

Bagian pengapian juga perlu di lakukan pengecekan untuk menjaga motor anda tetap awet. Bagian pengecekan pengapian biasanya pada bagian aki, konsleting kabel bodi dll. Untuk mendukung mesin motor anda tetapa prima dan utuh.


7. Pemakaian Kendaraan

Untuk pemakaian motor juga harus di sesuaikan dengan produk rakitan standar dealer. Jangan berlebihan dalam memacu mesin motor dan kecepatan di jalanan, selain membahakan nyawa anda memacu mesin motor yang berlebihan juga akan mempercepat mesin motor anda rusak karena melebihi putaran RPM yang tak sesuai dengan pemakaian standar rakitan motor. Jika anda hobi memicu adrenalin maka gunakanlah motor model rakitan mesin balap agar anda juga puas dalam memacu dan mguji kecepatan motor anda.


Nah cukup special buakan merawat mesin motor itu ?? 😀 Pergunakan dan rawatlah mesin motor anda sesuai standar pabrikan jangan berlebihan. 😀 agar mesin motor anda awet, tahan lama dan selalu prima kondisi mesinnya. 😀 terimakasih ….

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon