Selasa, 12 Mei 2020

Sekilas Tentang Universal Joint yang Harus Kamu Tahu

Universal joint atau penyambung universal adalah perangkat mekanis yang memungkinkan satu atau lebih poros berputar untuk dihubungkan bersama, memungkinkan transmisi torsi dan / atau gerakan putar. Ini juga memungkinkan untuk transmisi daya antara dua titik yang tidak sejalan satu sama lain. Benda ini memiliki beragam bentuk, ukuran, dan konfigurasi untuk mengakomodasi jumlah aplikasi tak terbatas yang dapat mereka masuki. Anda harus selalu berkonsultasi dengan profesional sebelum memilih sambungan universal. 


Sejarah Munculnya

Aplikasi sendi universal pertama yang diketahui terjadi di Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Orang Cina telah menemukan apa yang kita sebut "gimbal," serangkaian cincin yang saling terkait di dalam perangkat yang memungkinkan lilin yang ditempatkan di tengah tetap tegak terlepas dari posisi perangkat. 

Saat ini, gimbal digunakan untuk menjaga level kompas dan level komponen dalam giroskop. Pada 1545, matematikawan Italia Girolamo Cardano berteori bahwa kepala sekolah gimbal dapat digunakan untuk mentransmisikan gerakan putar melalui koneksi miring, yang dikembangkan menjadi Cardan Shaft, yang dikatakan memberikan pengendaraan yang lebih mulus, serta lebih efisien dan tidak terlalu rentan. untuk kerusakan karena poros selalu pada sudut 90 derajat ke gandar. Konsep baru ini sebenarnya pertama kali terlihat pada 1548 di kereta Kaisar Romawi Suci Charles ke-5.

Kemudian pada tahun 1676, Robert Hooke meninjau kembali ide Cardano dan menggunakannya untuk membuat instrumen yang memungkinkan cara yang lebih aman untuk mempelajari matahari. Instrumen baru ini menggunakan jenis sambungan baru yang memungkinkan gerakan memutar di satu poros diteruskan ke poros lain, tidak peduli bagaimana kedua poros itu berorientasi. 

Diperlukan waktu 240 tahun bagi Clarence W. Spicer untuk datang dan menerapkan gagasan ini pada industri otomotif dan industri. Spicer menerima paten untuk sambungan universal pada tahun 1903 dan menunjukkan paten barunya di mobil yang dirancang sendiri, yang tidak memiliki rantai & sproket yang merepotkan, juga tidak memiliki adaptasi rantai dan geared. Spicer kemudian akan mulai manufaktur pada tahun 1904.

Kombinasi Universal joint

Konfigurasi ini menggunakan dua sambungan-U yang disambungkan dengan poros perantara, dengan sambungan-U kedua secara bertahap terkait dengan sambungan-U pertama untuk membatalkan perubahan kecepatan sudut. Dalam konfigurasi ini, kecepatan sudut poros penggerak akan cocok dengan poros penggerak, asalkan poros penggerak dan poros penggerak berada pada sudut yang sama sehubungan dengan poros tengah (tetapi tidak harus pada bidang yang sama) dan bahwa dua sambungan universal 90 derajat dari fase. 

Perakitan ini biasanya digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang, di mana dikenal sebagai poros penggerak atau baling-baling.

Bahkan ketika poros penggerak dan penggerak berada pada sudut yang sama sehubungan dengan poros tengah, jika sudut ini lebih besar dari nol, momen berosilasi diterapkan pada tiga poros saat mereka berputar. Ini cenderung menekuknya ke arah tegak lurus dengan bidang umum poros. 

Ini berlaku untuk bantalan pendukung dan dapat menyebabkan "luncuran gemetar" pada kendaraan penggerak roda belakang. Poros perantara juga akan memiliki komponen sinusoidal terhadap kecepatan sudutnya, yang berkontribusi terhadap getaran dan tekanan.

Jika kamu ingin memiliki universal joint yang berkualitas, pastikan mempunyai bekal informasi yang cukup. Artikel ini cukup membantu dalam memahami benda tersebut. Untuk mendapatkannya, disarankan untuk berkunjung ke logam-makmur.com. Benda apapun untuk kebutuhan mesin dan motor semuanya tersedia. Mungkin sampai di sini dulu artikelnya. Semoga membantu. 


EmoticonEmoticon