Rabu, 05 Februari 2020

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menstruasi

Secara normal menstruasi berlangsung teratur setiap bulan nya dengan jangka hari normal nya selama satu minggu atau 7 hari. Walaupun, terkadang akan jatuh pada tanggal yang berbeda tetapi haid anda tidak pernah terlewatkan setiap bulan nya sehingga hal tersebut masih terbilang normal. Sebaliknya, Ketika anda tidak mengalami haid selama satu atau dua bulan maka perlu diperhatikan.

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Menstruasi

Ketika sesuatu terjadi pada tubuh anda yang diluar rata – rata atau kebiasaan makan perlu anda waspadai. Salah satu nya yaitu ketika haid anda terjadi secara tidak rutin maka ada yang bermasalah dengan badan anda. Berikut merupakan 5 penyebab haid tidak teratur yaitu stress, memiliki PCOS, pola hidup sehari - hari, Pre – menopause dan menggunakan alat kontrasepsi.

1. Memiliki PCOS

PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan reproduksi yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Wanita yang memiliki PCOS biasa nya memiliki kadar hormon seks yaitu estrogen dan progesteron yang tidak seimbang dimana kelebihan hormon androgen atau hormon seks pria dan memiliki ukuran kista kecil di ovariumnya.

2. Pola Hidup Sehari-hari

Pola hidup sehari – hari juga dapat mempengaruhi haid anda. Apabila anda melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan yang turun drastis dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Dan sebaliknya apabila berat badan yang berlebih atau obesitas, hal ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi anda.

3. Pre-menopause

Sebelum benar-benar memasuki masa menopause, Anda akan melalui masa transisi dulu yang dikenal sebagai masa pre-menopause. Meskipun mungkin terjadi lebih awal, tapi sebagian besar wanita mendapatkan periode ini saat memasuki usia 40 tahun. Biasanya, lama waktu berlangsungnya pre-menoapuse adalah empat sampai delapan tahun.

4. Stress

Penyebab selanjutnya yaitu dapat disebabkan karena stress yang berlebihan sehingga membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat dimana secara tidak langsung akan memengaruhi produksi hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi. Hal ini juga dapat memberikan gejala pusing saat menstruasi karena hormon yang tidak stabil dan badan yang lemas.

5. Alat Kontrasepsi

Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan karena menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau pil KB. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasa nya atau nyeri perut ketika menstruasi atau anda menggunakan pil KB menstruasi akan berhenti selama beberapa bulan.


EmoticonEmoticon