Selasa, 21 Januari 2020

Fungsi dan Manfaat dari Colocation Server

Colocation server merupakan sebuah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk menyimpan servernya di suatu tempat yang umumnya diberi nama data center/ pusat data.

Dengan adanya jasa layanan ini maka perusahaan tidak perlu direpotkan untuk menyediakan tempat khusus guna menyimpan servernya.

Fungsi dan Manfaat dari Colocation Server

Hal itu sangat membantu sekali dalam melakukan efisiensi kerja. Selain hal tersebut layanan ini sebenarnya masih memiliki banyak fungsi, berikut akan di ulas fungsi dan manfaat dari layanan tersebut.

Beberapa Fungsi dan Manfaat dari Colocation Server

Menyimpan server membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus.

Hal itu karena Anda menjaga dan melakukan maintenance secara berkala guna membuat perangkat Anda tetap berjalan dengan baik.

Kerumitan dalam menyimpan dan mengurus server ini juga seringkali menjadi suatu alasan pembengkakan anggaran belanja.

Namun, kini Anda sudah tidak perlu khawatir dengan semua itu karena munculnya jasa layanan penyimpanan server. Bagi Anda yang tertarik berikut akan di ulas fungsi dan manfaat dari colocation server.

1. Lebih Hemat Biaya

Ketika Anda menggunakan jasa server ini, maka biaya yang Anda butuhkan untuk menyiapkan perangkat penyimpanan tentunya akan berkurang.

Memang kita harus membayar untuk menggunakan jasanya. Namun apabila dilakukan kalkulasi, nyatanya menitipkan server jatuh lebih hemat.

Anda hanya tinggal membayar dan seluruh pekerjaan telah di serahkan kepada ahlinya.

2. Sistem Keamanan Terjaga

Faktor yang paling penting dalam penyimpanan server komputer yakni sistem keamanan. Mungkin saja kita mampu membayar tenaga IT profesional.

Namun tentu saja biayanya cukup besar. Untuk itu kenapa kita tidak menyerahkanya kepada jasa server. Disana server Anda dijamin keamananya karena sudah memiliki SOP yang matang dan terstruktur dengan baik.

3. Teknologi Penyimpanan Mumpuni

Kelebihan lainnya dalam menggunakan jasa colocation server yakni memiliki teknologi penyimpanan yang mumpuni.

Teknologi tersebut akan memastikan bahwa server Anda dilengkapi sistem keamanan yang sangat ketat. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir mengenai adanya pemadaman arus listrik.

Hal itu karena dapat dihandle oleh tenaga ahli yang professional sehingga Anda tetap bisa untuk menggunakan server selama 24 jam non stop tanpa adanya gangguan yang berarti.

4. Tidak Perlu Repot Melakukan Maintenance

Merawat suatu server membutuhkan maintenance mulai dari perangkat hadware maupun software. Selain itu Anda harus melakukan update secara berkala guna menyesuaikan sistem dengan perangkat yang digunakan.

Hal tersebut sangat merepotkan serta membutuhkan waktu dan tenaga ahli yang mumpuni.

Ketika Anda menggunakan jasa colocation server maka hal tersebut tidak perlu direpotkan. Anda hanya tinggal menyerahkan pekerjaan tersebut kepada ahlinya.

5. Tidak Perlu Boros Tim Khusus Maintenance Server

Menyimpan server secara swakelola memang sebenarnya dapat dilakukan. Namun hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Anda harus menyiapkan setidaknya ruangan server, perangkat server, dan tentunya tenaga ahli untuk maintenance server.

Menyewa tenaga ahli akan membuat anggaran belanja Anda membengkak. Untuk mencegah hal tersebut maka Anda dapat menggunakan jasa colocation yang akan membuat Anda tidak perlu boros membayar tim ahli IT.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat dari colocation server.

Untuk mendapatkan pelayanan tersebut juga kini sudah tidak sulit lagi. Anda hanya tinggal mencari di berbagai internet untuk mendapatkan jasa penyedianya.

Salah satu perusahaan yang dapat menjadi referensi Anda yakni Nex Data Center. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, Anda hanya tinggal mengunjungi websitenya atau langsung datang ke kantornya.


EmoticonEmoticon