Selasa, 17 Desember 2019

Tanda Kemandulan Bagi Wanita

Infertilisasi atau kemandulan bukan menjadi sesuatu yang baru lagi untuk saat ini. Biasanya infertilisasi muncul ketika umur pernikahan sudah mencapai 1 tahun namun tak kunjung memiliki keturunan. Tahap diagnosis infertilitas perempuan pun tidak sembarangan, harus melewati beberapa rangkaian tes dan juga mengenali tanda – tanda dari kemandulan itu sendiri.

Tanda Kemandulan Bagi Wanita

Selain menakutkan, kondisi ini paling dihindari oleh kaum wanita, karena selain peluang untuk memiliki anak tergolong kecil, hal ini juga bisa menimbulkan trauma tersendiri. Infertilisasi biasa terjadi karena adanya gangguan pada saluran sel telur sehingga tidak bisa mengalirkan sperma dengan baik. kenali tanda -tanda kemandulan bagi wanita berikut ini:

Tanda – Tanda Wanita Mengalami Infertilisasi

1. Haid yang tidak teratur

Tidak lancarnya menstruasi dibanding sebelumnya menjadi pertanda infertilisasi yang pertama. Haid yang tidak lancar disebabkan adanya gangguan ovulasi. Selain itu juga menstruasi yang tidak berhenti bisa menjadi tanda kemandulan.

2. Naiknya berat badan

Tanda yang selanjutnya adalah naiknya berat badan. Walaupun tidak semua kasus memiliki tanda ini, tapi kondisi ini memang berpeluang menyebabkan kemandulan. Hal ini disebabkan tingginya produksi insulin karena kadar androgen yang cukup tinggi dan tidak stabilnya hormon dan membuat metabolisme menjadi berat.

3. Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi dimana Anda mengalami gangguan ketika sedang mengalami menstruasi. Gangguan tersebut seperti kram yang cukup parah, munculnya rasa sakit ketika berhubungan badan, pendarahan yang tidak normal, dan sakit di sekitar dubur.

4. Banyak rambut yang tumbuh

Tanda yang terakhir adalah banyaknya bulu yang tumbuh. Rambut ini biasa ditemukan di atas bibir, pergelangan tangan, wajah, ketiak, dan perut. Walaupun wanita memiliki rambut halus yang sedikit dibanding pria, apabila di kondisi ini bisa menjadi terbalik karena tingginya produksi androgen.

Anda bisa memeriksa kondisi tubuh Anda dengan penjelasan di atas. Akan lebih baik jika langsung mengunjungi dokter spesialis fertilitas di Indonesia. Tidak perlu khawatir bagi yang sudah positif infertiliasi, karena sudah banyak metode pengobatan yang bisa Anda lakukan dengan beragam cara, contohnya di Bocah Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi reputasinya.


EmoticonEmoticon