Selasa, 30 April 2019

Benarkah Minum Es Bisa Sebabkan Radang Tenggorokan?

"Terlalu banyak minum es, makanya jadi sakit radang tenggorokan". Masih banyak orang yang memercayai hal itu. Tapi, bagaimana fakta sebenarnya menyangkut hal ini. Apakah benar minum es sebabkan radang tenggorokan?

Benarkah Minum Es Bisa Sebabkan Radang Tenggorokan

Ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, gejala paling terasa adalah sulit menelan dan ada rasa tidak nyaman di tenggorokan. Selain itu, terkadang juga disertai dengan demam, batuk, maupun pilek.

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, sekitar 40-60 persen radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Sedangkan sisanya disebabkan oleh bakteri, jamur, reaksi alergi, adanya iritan atau polutan, yakni seperti asap rokok dan gas.

Baca Juga : Bahan-Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Luka

Inilah yang membuat radang tenggorokan sangat mudah terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja –karena berhubungan dengan daya tahan tubuh seseorang.

Apakah benar minum es menyebabkan radang tenggorokan?

Ada anggapan minum es bisa menyebabkan radang tenggorokan sudah terlanjur melekat di masyarakat Indonesia. Tapi, benarkah hal ini? Dokter Jessica dengan jelas mengatakan bahwa itu tidak ada kaitannya.

Penyebab paling sering radang tenggorokan yang sebenarnya adalah virus, tapi ada juga yang disebabkan bakteri. Tetapi, minum es memang sebaiknya dihindari jika kondisi tubuh sedang menurun karena alasan di atas.

Saat sedang sakit radang tenggorokan, penting untuk mengendalikan gejalanya. Minum es saat sedang radang tenggorokan dapat memperburuk gejala. Sebab es dapat merangsang refleks batuk dan membuat peradangan pada tenggorokan semakin berat.


EmoticonEmoticon