Rabu, 31 Oktober 2018

Penyebab diaper rash pada bayi

Ruam popok atau diaper rash bukan sepenuhnya hal asing yang terjadi pada bayi. Bahkan bisa dikatakan, penyakit kulit ini merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi hingga usia 2 atau 3 tahun. Selama bayi masih menggunakan popok tentunya. Namun meskipun terbilang wajar terjadi, diaper rash tentu saja akan mengganggu kenyamanan bayi. Serta juga beresiko menjadi penyakit kulit lain yang lebih berbahaya. Untuk itu, dianjurkan untuk menggunakan diaper cream bayi demi mencegah terjadinya ruam popok ini.

Penyebab diaper rash pada bayi

Satu hal yang tak banyak diketahui oleh ibu, banyak sekali penyebab dari terjadinya diaper rash ini. Mengetahui apa yang menjadi penyebab ruam nantinya akan membantu penyembuhan bayi. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa penyebab terjadinya ruam popok.

1. Gesekan

Penyebab pertama, terjadinya gesekan kulit. Ruam popok yang terjadi karena gesekan ini biasa muncul pada lipatan kulit. Seperti pada lipatan paha dan juga bokong. Bahkan bukan tidak mungkin, rash atau ruam juga terjadi pada lipatan lengan karena adanya gesekan. Gesekan antara kulit dan juga diaper selama beberapa waktu akhirnya akan menjadi ruam.

Untuk menghindari hal ini, bisa menggunakan diaper dengan ukuran yang pas untuk bayi. Selain itu juga pastikan kulit bayi lembab dengan diaper cream.

Baca Juga : Wajar Jika anak lelaki menangis

2. Iritasi dan infeksi

Cara memandikan bayi yang benar memang memastikan semua lapisan serta lipatan kulit bayi sudah bersih. Namun walau begitu, penggunaan popok yang kotor bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi serta iritasi. Penyebab satu ini sering muncul pada ruam di daerah bokong hingga kelamin bayi.

Salah satu cara menghindari terjadinya infeksi dan iritasi karena penggunaan popok ialah dengan memastikan popok selalu bersih. Ini berarti kamu harus segera mengganti popok ketika basah karena urine atau pun kotoran. Kotoran yang ada di dalam popok akhirnya bisa menyebabkan iritasi serta infeksi pada kulit bayi.

Diaper cream bayi juga bisa digunakan untuk mengatasi serta mencegah terjadinya ruam karena dua penyebab yang ada di atas.


EmoticonEmoticon