Selasa, 02 Oktober 2018

Manfaat Timun Suri Segar Menyehatkan

Masa Ramadan, terutama di Jabodetabek, biasanya banyak sekali penjual timun suri. Timun suri ini bentuknya lebih besar daripada timun hijau, dan warnanya kuning. Rasanya juga lebih manis dan tidak pahit karena tidak banyak zat kimianya. Selain disajikan segar, sebagai isi es buah campur, juga bisa dibuat acar.

Manfaat Timun Suri Segar Menyehatkan


Timun suri (Cucumis sativus) jika disimpan pada suhu ruang akan lebih cepat layu dan busuk. Supaya awet segar, simpan timun ini di kulkas.

Kandungan air dalam timun suri, sekitar 95 persen. Selain itu banyak nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat (3.6 gr/100 gr), gula (1,7 gr), serat pangan (0,5 gr), lemak (0,11 gr), protein (0,65 gr), vitamin B6 (0,04 mg), thiamin (0,027 mg), riboflavin (0,033 mg), niacin (0,098 mg), kalsium (16 gr), zat besi (0,28 gr), magnesium (13 mg), fosfor (24 mg), potasium (24 mg), zink (0,20 mg).

Dengan kandungan gizi tersebut, berbagai manfaat sehat di bawah ini dapat diperoleh dari timun suri. Tentu akan lebih baik jika kita mengonsumsi timun suri tanpa tambahan gula (sirup) yang berlebihan.

* Glukosa dan fruktosanya akan memberikan energi lebih cepat bagi tubuh. Ini yang membuat timun suri cocok sebagai takjil saat berbuka puasa, sehingga energi tubuh segera pulih.

* Mengurangi iritasi kulit dan bengkak, berkat kandungan asam kafeat dan vitamin C.

* Vitamin C-nya juga baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan elastisitas kulit dan pembuluh darah, serta mencegah timbulnya bercak-bercak di kulit.

* Asam folat dan vitamin A-nya penting untuk memelihara jantung dan mata, juga bersifat antioksidan.

* Berbagai mineral (kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, dan mangan) di dalamnya berperan dalam aktivitas metabolisme tubuh.

* Kandungan potasium yang cukup dan rendah sodium membuat timun membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

* Mineral silika dalam timun suri penting untuk menjaga kesehatan jaringan sendi, termasuk otot, tendom, ligamen, kartilago, dan tulang. Silika juga dapat membantu memperbaiki kulit yang bermasalah.

* Kadar air yang tinggi membuat timun mampu menghidrasi kulit sehingga lebih bercahaya, juga membersihkan tubuh dari sampah dan racun atau membantu detoksifikasi.

* Serat timun suri lumayan tinggi, sehingga baik dikonsumsi pengidap diabetes. Serat ini juga menyehatkan saluran pencernaan.

Baca Juga : Suplemen Kedelai belum berhasil mencegah kanker

* Senyawa saponinnya akan membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.

* Asam linoleat dalam timun suri berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu menangkal penyakit degeneratif akibat radikal bebas.

sekian artikel tentang manfaat timun suri yang sudah saya bahas di atas ini semoga bisa bermamfaat , jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya hanya di masrohman.com yang akan terus update.


EmoticonEmoticon