Jumat, 19 Oktober 2018

Lapar Malam Hari? Ini 8 Tips Makan Sebelum Tidur

Ketika anda tetiba merasa lapar di malam hari, rasanya tak mudah bukan untuk tidak menengok sejenak isi kulkas? Mau tidur pun, malah kepikiran makanan terus. Lalu bagaimana nasib program diet anda kalau tiap malam selalu tergoda makan lagi?

Lapar Malam Hari? Ini 8 Tips Makan Sebelum Tidur

Jika anda sedang menjalani diet, tubuh anda memang akan melepas hormon dinamakan Ghrelin sebagai respon atas puasa yang anda jalani sementara, dan hormon inilah yang menyebabkan rasa lapar muncul. Tenang, karena ada beberapa tips yang bisa anda lakukan jika tetiba lapar saat sudah larut malam;

Baca Juga Artikel Pilihan Editor

8 Manfaat Rileksasi Tubuh Dan Pikiran Untuk Kesehatan
Manfaat Timun Suri Segar Menyehatkan
Suplemen Kedelai Belum Berhasil Mencegah Kanker Prostat
Agar Rambut Pria Terlihat Makin Rapi Dan Sopan

Pikirkan hal lain

Kedengarannya memang gampang ya, kenyataan tidak semudah itu melakukannya. Namun, jika anda mengalihkan pikiran dari makanan ke hal lain yang jadi favorit anda, sebetulnya bisa menghilangkan rasa lapar perlahan. Sebuah studi menemukan, jika anda berpikir cukup keras dan membayangkan anda sedang melakukan aktivitas yang anda sukai, maka pikiran tersebut akan mengurangi nafsu makan anda.

Minum teh chamomile

Jika anda merasa lapar di malam hari, cobalah meminum secangkir teh chamomile, akan sedikit membantu anda lupa sejenak pada rasa lapar. Tak cuma itu, teh chamomile akan membantu anda tidur nyenyak di malam hari.

Meditasi

Jika rasa lapar begitu menyiksa anda di malam hari, maka cara terbaik untuk menahannya adalah mengisi pikiran agar fokus dan tenang, misalnya meditasi atau membaca buku favorit anda. Sedangkan, menonton televisi, tidak akan terlalu membantu, karena pikiran anda dapat melanglang kemana-mana.

Lawan ketagihan gula

Ketagihan terhadap makanan manis-manis berbahan gula, seperti permen dan kue kering dapat memperburuk keadaan. Harum vanilla dan yasmine sebetulnya dapat mengatasi rasa ketagihan anda terhadap gula, jadi gunakan aroma vanilla di ruangan rumah anda karena dapat mengurangi  nafsu makan anda pada yang manis-manis.

Makan telat

Ketika anda mengantuk, maka tenaga anda akan menurun sehingga anda pun akan mudah merasa lapar. Anda bisa mencoba trik untuk makan secukupnya  satu atau dua jam sebelum tidur, sehingga anda akan merasa kenyang saat tidur, dan menghindari anda terbangun di malam hari.

Konsumsi camilan sehat di malam hari

Tidak ada yang salah makan camilan di malam hari, selama anda mengonsumsi bahan makanan yang tepat dan tak terlalu banyak. Camilan sehat di antaranya, buah apel, pir, dan sayuran kaya serat yang membuat perut anda terasa kenyang, meski tak makan berlebihan. Makanan terbaik yang perlu dikonsumsi sebelum tidur antara lain, yogurt, semangka, melon, susu hangat, sup, cheri, pisang, kentang, gandum, dan seledri. Tapi, ingat konsumsi secukupnya.

Sikat gigi anda lebih cepat

Ini juga salah satu trik yang cukup ampuh. Menyikat gigi lebih cepat sebelum anda tidur juga akan membuat anda malas makan, karena kebanyakan dari kita pun juga akan malas harus menyikat gigi lagi. Selain itu, rasa pasta gigi di mulut akan memberi anda rasa sensasi segar dan manis yang bisa mengalihkan pikiran anda dari makanan manis-manis.

Tingkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat memengaruhi pola makan anda. Maka, tidurlah di setiap jam yang sama tiap malam, dan bangun di jam yang sama pula. Jangan lupa, hindari minum terlalu banyak kafein seharian. Jika anda terbangun di malam hari, cobalah segelas air dibanding makanan, karena bisa jadi rasa lapar yang timbul karena haus.

*Beautyandtips


EmoticonEmoticon