Senin, 15 Oktober 2018

7 Faktor yang Membuat Anda “Ngantuk” saat Bekerja

Rasa kantuk yang terjadi saat bekerja, kerap dialami oleh hampir sebagian besar orang tiap hari, entah saat pagi atau siang hari, terutama setelah makan berat. Ketika tubuh anda merasa lelah dan lemas dan langsung tertidur, bisa saja itu menjadi salah satu isu kesehatan yang penting.

7 Faktor yang Membuat Anda “Ngantuk” saat Bekerja

Hal itu pun bisa disebabkan oleh gejalan depresi, obesitas, dan bahkan masalah tulang. Menurut para ahli, hal itu terjadi karena tubuh kehilangan istirahat selama 8 jam sehari, maka di hari berikutnya tubuh pun akan merasakan lelah dan lemas. Berikut ini adalah beberapa alasan utama di mana mata yang kerap sulit terbuka saat di siang hari.

Artikel Pilihan editor : 

8 Manfaat Rileksasi Tubuh Dan Pikiran Untuk Kesehatan

Manfaat Timun Suri Segar Menyehatkan

Suplemen Kedelai Belum Berhasil Mencegah Kanker Prostat

Agar Rambut Pria Terlihat Makin Rapi Dan Sopan

Singkirkan Kebiasaan Buruk Biar Tambah Ganteng
                                 

Obesitas

Salah satu alasan utama mengapa anda kerap mengantuk saat bekerja bisa jadi karena kelebihan berat badan. Dengan kondisi berat badan berlebih, maka tubuh akan memproduksi cytokines dan sel imun yang akan menimbulkan rasa kantuk.

Sarapan tak seimbang

Jika anda sering makan dengan gizi tak seimbang, maka itu akan memicu anda mengantuk. Pastikan anda cukup mengonsumsi serat serta nutrisi dan protein untuk membuat anda tetap aktif.

Nasi adalah masalah
Nasi selama ini menjadi makanan pokok orang Indonesia, tentu tak mudah untuk menghindarinya sama sekali. Namun, sayangnya nasi mengandung banyak kanji sebagai pemicu utama seseorang bisa mengantuk, bahkan saat beraktivitas. Maka, coba hindari nasi putih di pagi atau siang hari, saat padat bekerja. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah atau gandum.

Kurang tidur malam

Ini juga salah satu faktor penyebab kebanyakan orang sering mengantuk saat beraktivitas. Jika anda kurang tidur di malam hari, maka anda pun akan cepat merasa lelah dan mengantuk di pagi hari. Bahkan, saat terbangun di pagi hari pun anda bisa mengalami sakit kepala dengan suasana hati kurang baik.

Masalah tulang

Studi juga menunjukkan bahwa protein orexin merupakan alasan utama anda bisa mengantuk di siang hari. Jika anda merasa mengalami masalah tulang, maka akan lebih baik bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli.

Pasca kehamilan

Bagi para wanita, kondisi pasca kehamilan juga menjadi pemicu rasa kantuk selama anda bekerja di siang hari. Berlatihlah untuk mengurus bayi anda dengan baik, sehingga dia tidak akan membangunkan anda di tengah malam.

Makanan berlemak

Ketika anda mengonsumsi makanan berlemak dan minim protein, tentunya itu akan memengaruhi anda konsentrasi saat bekerja. Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat anda cepat terserang rasa kantuk.


EmoticonEmoticon