Senin, 22 Oktober 2018

4 Manfaat Hebat Membaca buat Kesehatan

Percaya atau tidak, ternyata efek membaca hampir sama dengan berolahraga lho..Makanya dengan membaca kesehatan pun akan meningkat, terutama di sisi mental.

4 Manfaat Hebat Membaca buat Kesehatan

Para peneliti kesehatan dari Oxford University, Inggris menemukan, jika membaca memiliki efek mengurangi stres yang hampir sama jika kita rutin berolahraga. Ini dia beberapa manfaat hebat membaca yang berhubungan erat dengan kesehatan. Simak yuk!

Baca Juga Artikel Pilihan Editor

8 Manfaat Rileksasi Tubuh Dan Pikiran Untuk Kesehatan
Manfaat Timun Suri Segar Menyehatkan
Suplemen Kedelai Belum Berhasil Mencegah Kanker Prostat
Agar Rambut Pria Terlihat Makin Rapi Dan Sopan

Menghilangkan stres

Tahukah anda, jika membaca cerita-cerita menyenangkan ternyata mampu membuat tubuh lebih rileks ketimbang mendengarkan musik. Fokus dalam satu hal dari sebuah artikel bacaan dapat membantu menghilangkan masalah di pikiran sehingga membuat tenang. Bahkan, membaca 6 menit setiap hari, mampu mengurangi stres sama dengan berolahraga selama 10 menit.

Memperlambat penurunan memori otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, Chicago AS, orang yang aktif membaca memiliki penurunan memori yang lebih lebih lamban dibandingkan orang yang kurang membaca. Membaca secara rutin juga mampu menjaga otak agar selalu bekerja secara sempurna sekaligus meningkatkan kecerdasan. Hal ini karena, dengan membaca otak kita akan dituntut untuk berpikir lebih keras.

Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer umumnya terjadi pada orang yang lanjut usia, di mana sel-sel saraf di otak mati hingga menyebabkan memori jangka panjang menghilang. Banyak temuan penelitian menyebutkan, jika rutin membaca atau menjawab teka teki silang dapat menunda dan mencegah seseorang kehilangan memori. Membaca dapat merangsang sel –sel otak berkembang.

Meningkatkan konsentrasi

Orang yang rutin membaca pastinya akan memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih tinggi dibandingkan yang kurang membaca. Misalnya, anda sedang membaca cerita fiksi, hal itu akan melatih otak untuk berimajinasi dan memperdalam empati lewat tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

*berbagai sumber


EmoticonEmoticon